26 November 2018

Assignment 5

Idealnya setiap kegiatan industri harus mempertimbangkan lingkungannya disaat melakukan produksi hal ini penting dilakukan karena menyangkut keberlangsungan dan keberlanjutan kelestarian lingkungan. Produksi Bersih dalam industry merupakan tindakan efisiensi pemakaian bahan baku, air dan energi, dan pencegahan pencemaran, dengan sasaran peningkatan produktivitas dan minimisasi timbulan limbah. Istilah Pencegahan Pencemaran seringkali digunakan untuk maksud yang sama dengan istilah Produksi Bersih. Demikian pula halnya dengan Eco-efficiency yang menekankan pendekatan bisnis yang memberikan peningkatan efisiensi secara ekonomi dan lingkungan. (Rantao:2011) Konsep the end of pipe treatment lebih dahulu muncul di Indonesia namun nampaknya lebih sulit diterpakan karena semakin menambah masalah produksi bisnis yang ada di Indonesia. Clenered production diharapkan menjadi alternative untuk pembisnis agar tetap melakukan produksi tanpa harus merusak lingkunga sekitar. (StandTek, 2013)
Kegiatan yang termasuk ke dalam tindakan pengawasan mutu produksi. Mutu produksi merupakan didefinisikan sebagai keunggulan suatu produk dibandingan dengan produk pesaing. Aspek pengawasan mutu antara lain kebijaksanaan, standardisasi, pengendalian, jaminan mutu, pembinaan mutu dan perundang-undangan (Soekarto, 1990).
Variabel yang harus dipertimbangkan oleh pengusaha untuk memilih lokasi pabrik dan alasan megapa pemilihan itu penting
-Kedekatan dengan pembeli, hal ini penting semakin dekat dengan konsumen maka akan tercipta keterjangkauan kosumen terhadap lokasi bisnis. Hal ini pun juga mempengaruhi daya beli masyarakat terhadap produksi bisnis. Sekaligus dengan biaya transportasi yang akan dipengaruhi dengan jarak antara konsumen dengan  produsen.
-Kedekatan dengan pemasok : Berdekatan dengan pemasok akan memudahkan stok produksi atau bahan mentah yang dibutuhkan dalam proses produksi maka akan terjamin kondisi persediaan produksi  yang stabil
-Fasilitas Transportasi merupakan salah satu faktor yang penting karena menyangkut distribusi terhadap stok barang yang akan dikirim ke pelanggan maupun barang yang dibutuhkan sebagai bahan mentah. Kecepatan transportasi yang dipilih juga akses dapat berpengaruh terhadap biaya, dan kualitas produk yang dihasilkan.
- Ketersediaan Infrakstrukur seperti listrik, air, dan lain-lain yang merupakan kebuhan pokok lain yang harus terjamin adanya dalam proses produksi

Informasi yang dapat diambl dari laporan akuntansi
  • Bagi pemilik sebagai analisis atau nilai untuk memonitori pimpinan perusahan dan menjadikan hal tersebut sebagai dasar pengambilan regulasi baru atau tidak
  • Bagi kreditur sebagai evaluasi apakah peminjaman modal akan tetap dilakukan atau tidak karena kreditur mengetahui pemasukan dan pengeluaran melalaui data tersebut.
  • Bagi pemerintah sebagai acuan pemungutan pajak.
  • Bagi manajer sebagai evalusi dan pengambilan kebijakan utnuk periode selanjutnya.
Laporan akuntansi sangat penting perannya dalam fungsi manajemen karena salah satunya dalam POLC terdapat Controling yang berarti pengawasan. Fungsi ini mengatur bagaimana manajemen memonitori dan mengawasi suatu organisasi utamanya dengan adanya laporan akuntasi. Jika tidak ada laporan keuangan makan fungsi controlig tdak dapat berlangsung dengan baik. 

Sumber:


No comments:

Post a Comment