26 November 2018

Perkembangan Bisnis

Dewasa ini kita ketahui bisnis-bisnis mulai bertebaran dan banyak yang telah andil didalamnya.
Bisnis adalah perantara untuk seseorang memulai usahanya, bisnis sendiri hanyalah sebuah sebutan yang di dalamnya berisikan aspek dan bagaimana seseorang untuk mendapatkan keuntungan. Masuknya suatu perkembangan global akan menjadi dampak dalam setiap dunia bisnis, entah itu akan berdampak baik atau sebaliknya merugikan.

Bisnis kecil di Indonesia cenderung lebih mudah berkembang pada saat ini dibandingkan dengan bisnis besar. Hal ini dikarenakan beberapa pendukung bisnis kecil untuk mudah berkembang seperti bisnis kecil lebih fleksibel dibandingkan dengan bisnis besar, sangat sederhana untuk memulai usaha kecil, bisnis kecil seringkali tidak membutuhkan modal besar, dan salah satu pendukung besar bisnis kecil saat ini yaitu dengan adanya e-commerce. Karena berkat kemajuan teknologi yang semakin canggih tentunya akan memudahkan setiap orang untuk mengembangkan kreatifitas dan inovasi nya dalam berbisnis. Faktor-faktor pendukung tersebut lah yang memungkinkan bisnis kecil akan menjamur di Indonesia pada masa yang akan datang. Selain memiliki teknologi yang memumpuni dunia bisnis juga harus dibarengi dengan karyawan yang memiliki nilai atau softskill salah satunya adalah nilai kejujuran. Kejujuran dalam berbisnis merupakan nilai yang paling utama karena yang menjamin eksistensi dan kepercayaan dari konsumen bergantung pada nilai ini. 
Organisasi merupakan wadah yang menaungi suatu ide, gagasan maupun rencana yang menjadi pokok prioritas berbisnis. Organisasi selalu berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Organisasi memiliki unsur-unsur yang didalamnya. Dengan organisasi suatu usaha dapat menjalankan fungsi manajemen yang berupa POLC (Planning, Organizing, Leading, Controling) yang dibutuhkan oleh suatu bisnis. Organisasi merupakan konstruksi komunikasi secara lisan dan tulisan karena didalam organisasi terdapat prinsip-prinsip yang dapat dilaksanakan dalam bisnis. Bisa dibayangkan jika tidak ada organisasi dalam suatu bisnis maka komunikasi antara karyawan dengan atasan dan regulasi dalam suatu bisnis dapat berjalan dengan kurang baik. 

Perbedaan antara tanggungjawab dengan pertanggungjawaban antara lain:
-Tanggungjawab merupakan suatu keharusan bagi seseorang melaksanakan tanggungjawabnya. 
-Tanggungjawab juga merupakan kibat dari konsekuensi kebebasaan seseorang terhadap perbuatannya yang berkaitan dengan etika atau moral dalam melakukan suatu perbuatan. 
-Tanggungjawab merupakan kewajiban seseorang untuk menyelesaikan suatu pekerjaannya.

-Pertanggungjawaban adalah tindakan sebagai akibat dari sesuatu yang harus diterima.
-Pertanggungjawaban adalah suatu pekerjaan yang harus diselesaikan akibat tanggungjawab yang diemban.
-Pertanggungjawaban merupakan bentuk atau upaya pelaksanaan suatu tanggungjawab.

Pada dasarnya, pertanggungjawaban berasal dari kata "tanggungjawab" yang memiliki artian kata imbuhan : perbuatan yang dilakukan dalam rangka mewujudkan kata "tanggungjawab"


sumber:

http://e-journal.uajy.ac.id/2259/2/1SOS02703.pdf
http://file.upi.edu/Direktori/FPEB/PRODI._MANAJEMEN_FPEB/197910092005012-NETTI_SISKA_HURHAYATI/pengantar_bisnis/bahan_kuliah_pengantar_bisnis/f._bentuk_organisasi_bisnis.pdf

No comments:

Post a Comment