24 March 2019

Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi

     "Maju tidaknya suatu negara dilihat dari pertumbuhan ekonomi nya"

Sebenarnya apa itu pertumbuhan ekonomi? Mengapa dapat menjadi indikator maju tidaknya suatu negara? Keadaan seperti apa yang dikatakan mengalami pertumbuhan ekonomi?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin pernah terlintas ketika pertama kali mendengar kata pertumbuhan ekonomi.

       Petumbuhan ekonomi(economic growth) dapat diartikan sebagai proses perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik selama periode tertentu. Pertumbuhan ekonomi dapat mengindikasi keberhasilan pembangunan ekonomi dalam kehidupan masyarakat suatu negara. Suatu perekonomian dikatakan mengalami pertumbuhan jika produksi barang dan jasanya meningkat.

     Pertumbuhan ekonomi yang diikuti oleh perubahan-perubahan dalam struktur ekonomi dan corak kegiatan ekonomi atau usaha guna untuk meningkatkan pendapatan per-kapita dengan jalan mengolah kekuatan ekonomi potensial menjadi ekonomi riil melalui penanaman modal, penggunaan teknologi, penambahan manajemen disebut dengan Pembangunan ekonomi (economic development).

    Indonesia merupakan negara berkembang yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang cukup baik, tapi pada kenyataanya tingkat pengangguran di Indonesia masih tergolong tinggi. Tingginya tingkat pengangguran disebabkan oleh pertumbuhan ekonomi Indonesia yang belum dapat menciptakan lapangan kerja baru. Permasalahan lain berkaitan dalam kerangka hubungan industrial, yaitu masih besarnya potensi perbedaan pendapat serta perselisihan antara pemberi kerja dan penerima kerja. Perselisihan hubungan industrial yang mengakibatkan pertentangan antara pemberi kerja dengan penerima kerja, yang antara lain berupa perselisihan mengenai hak, kepentingan, pemutusan hubungan kerja, dan perselisihan antar serikat pekerja dalam satu perusahaan, kecenderungannya semakin meningkat. Hal ini mengakibatkan upaya menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya tidak sepenuhnya dapat dicapai. Pengangguran terbuka di Indonesia juga masih diwarnai oleh besarnya kelompok usia muda dan berpendidikan sangat rendah. Selain masalah hubungan industrial, kualitas dan kompetensi tenaga kerja juga masih perlu mendapat perhatian agar mampu bersaing.

    Pembangunan ekonomi tak dapat lepas dari pertumbuhan ekonomi (economic growth), pembangunan ekonomi mendorong pertumbuhan ekonomi, dan sebaliknya. Pertumbuhan ekonomi memperlancar proses pembangunan ekonomi. Peningkatan pertumbuhan ekonomi mengindikasikan peningkatan pula pada pembangunan ekonomi, akan tetapi ketika suatu negara mengalami pertumbuhan ekonomi, belum tentu negara tersebut juga mengalami pembangunan ekonomi, karena cakupan pembangunan ekonomi lebih luas dan mengindikasikan kenaikan pendapatan per-kapita yang diiringi perubahan teknologi serta struktur ekonomi. Ketika sebuah negara hanya mengandalkan pembangunan ekonomi saja tanpa memperhatikan pertumbuhan ekonomi maka tidak akan terjadi proses kenaikan pendapatan di masyarakat.
     Perbedaan antara keduanya adalah pertumbuhan ekonomi yang keberhasilannya bersifat kuantitatif , yaitu adanya kenaikan dalam standar pendapatan dan tingkat output produksi yang dihasilkan. Sedangkan pembangunan ekonomi pembangunan lebih bersifat kualitatif, bukan hanya pertambahan produksi, tetapi juga terdapat perubahan-perubahan dalam struktur produksi dan alokasi input pada berbagai sektor lembaga perekonomian seperti dalam lembaga pengetahuan, sosial, dan teknik.

Jadi keduanya saling berkaitan dan sama-sama pentingnya. Dan jika ditanya mana yang harus lebih didahulukan maka jawabannya adalah keduanya harus dilaksanakan secara beriringan dan tidak dapat dipisahkan.

    Ada 8 faktor yang mempengaruhi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, yaitu :
1. Sumber daya alam (SDA)
2. Sumber daya manusia (SDM)
3. Sumber daya modal dan teknologi
4. Sistem sosial dan sikap masyarakat 
5. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
6. Infrastruktur
7. Keadaan Politik
8. Sistem Pemerintahan

     Menurut saya pertumbuhan ekonomi cenderung lebih penting ketimbang pemerataan ekonomi. Meski begitu, tujuan keduanya sangatlah baik dan saling melengkapi. Pertumbuhan ekonomi diartikan sebagai kenaikan GDP (gross domestik product) maupun GNP (gross national product) tanpa memandang apakah kenaikan itu lebih besar atau lebih kecil dari tingkat pertumbuhan penduduk, atau apakah perubuhan struktur ekonomi terjadi atau tidak. Pertumbuhan ekonomi dikatakan sudah terjadi apabila didalam masyarakat tersebut terjadi perubahan karakteristik penting suatu masyarakat misalnya, perubahan keadaan sistem politik, stuktur sosial, sistem nilai dalam masyarakat dan stuktur ekonominya.

     Jadi, jelas pertumbuhan ekonomi merupakan kemampuan suatu negara untuk menyediakan barang-barang ekonomi yang terus meningkat bagi pertumbuhan penduduknya. Kemampuan ini berdasarkan kepada kemajuan teknologi dan kelembagaan serta penyesuaian ideologi yang dibutuhkannya. Dengan adanya pertumbuhan yang tinggi, maka akan terjadi pemerataan hasil-hasil dari pertumbuhan ekonomi itu sendiri. Pemerataan disini bukan sekedar membagi hasil yang sudah besar, melainkan melibatkan rakyat dalam keseluruhan pembangunan ekonomi melalui kepemilikan aset dan akses. Pemerataan ekonomi dalam hal pemenuhan kebutuhan pokok seperti bahan makanan, pakaian, kebutuhan pokok lainnya dan juga pendapatan penduduk sendiri sangat dipengaruhi pertumbuhan ekonomi itu sendiri. Sedangkan dalam hal pembangunan dengan pertumbuhan ekonomi tinggi maka pemerataan pembangunan akan mendorong pembangunan daerah melalui otonomi. Dalam hal ini pemerataan pembangunan dan pemerataan ekonomi yang harus diratakan adalah prosesnya, bukan sekedar hasilnya, walaupun hal tersebut memerlukan konsekuensi kemajuan diberbagai sektor.

Reference :

blog.ruangguru.com
https://ekonomi.sobatmateri.com/5-faktor-yang-mempengaruhi-pertumbuhan-ekonomi/
https://www.academia.edu/29641207/PERTUMBUHAN_EKONOMI_DAN_PEMBANGUNAN_EKONOMI
https://h0404055.wordpress.com/2010/04/02/pertumbuhan-ekonomi-vs-pemerataan/
https://brainly.co.id/tugas/328321
https://www.kompasiana.com/laily23/57fb4809567b61a51a1e2cd7/banyaknya-pengangguran-akibat-keterbatasan-lapangan-kerja
https://www.kompasiana.com/muhammadimamwahyudi/551094f9a333112f3cba850c/pertumbuhan-ekonomi-dan-pembangunan-nasional-merangsang-kejahatan

     

No comments:

Post a Comment